Selasa, 04 Februari 2014

PERLENGKAPAN BALLET

1. POINTE SHOES


    Untuk kelas ballet yang lebih tinggi biasanya latihannya menggunakan pointe shoes. Perbedaan signifikan antara pointe shoes dan ballet shoes, kalo pointe shoes itu ujungnya keras, kaya batu. Karena ujung yang keras inilah seorang ballerina bisa berdiri (er sebenernya berjinjit) di ujung jarinya. En pointe!

2. LEOTARD


     Leotard adalah pakaian dengan bahan lentur dan ngepas di badan, biasa digunakan untuk menari atau gymnastic. Bentuknya sih kaya baju renang, menutup badan bagian atas yang menyambung sampai menutup pantat, namun membiarkan paha ke bawah terbuka. Ngapain sih ya mau nari aja mesti seksi-seksi amat? Nah, fungsi leotard ini supaya postur tubuh kita terlihat jelas, sehingga apabila ada keasalahan langsung terlihat dan langsung bisa dibenarkan.

3.STOCKING 


    Berhubung leotard tuh sedemikian terbuka, kan kasian kalo kakinya telanjang. Jadinya pake stocking deh. Biasanya warna krem, putih, atau pink. Jarang yang warna gelap kaya hitam gitu.Yang berbeda antara stocking untuk ballet dan stocking biasa adalah, selain bahannya lebih tebal (biasanya warna kulit di baliknya sampai ga keliatan), stocking untuk ballet memiliki lubang di telapak kakinya, seperti yang dapat dilihat pada gambar di bawah. Buat apa si lubang ini? Ketika menari, sering kita harus mengecek keadaan kaki kita, terutama ketika sedang pakai pointe shoes. Nah ini lah gunanya si lubang. Kita bisa melihat kaki kita, dengan cara mengeluarkannya dari lubang seperti pada gambar di bawah. Kalau ga ada lubangnya? Ya mesti ke kamar mandi atau ruang ganti dulu. Lepas leotard dulu, lepas stocking dulu. Baru tuh bisa liat kaki. Repot kan?  

4. BALLET CHIFFON SKIRT


     Ada beberapa anak yang mungkin tidak nyaman menari dengan menggunakan leotard  dan stocking saja. Mungkin merasa terlalu terbuka, atau terlalu takut dengan selangkangannya sendiri. Maka, ini lah gunanya si rok ballet ini. Biar si pantat ga terlalu ke mana-mana. Pada beberapa kelas ballet, anak-anaknya diseragamkan untuk mengenakan rok ini, dan beberapa tidak. Sebenarnya lebih bagus kalo ga pake rok, jadi seluruh tubuh lebih keliatan posisi-posisinya, dan lebih keliatan kalo ada yang salah. 

5. PLESTER 3M 


     Plester 3M (ini nama merk) itu.. ya plester sih. Biasanya dipakai untuk menempelkan kasa steril ke luka. Jadi ya dia memang untuk ditempelkan ke kulit. Di kelas ballet, plester 3M ini sahabatnya ballerina banget waktu lagi sesi pointe shoes. Di balik cantiknya pointe shoes, dia itu menyiksa banget! Seperti yang tadi sudah saya tulis, saat memakai pointe shoes itu kita harus berdiri di ujung jari kaki. Nah pas itu, pinggir-pinggir kaki akan sering bergesekan dengan pointe shoes, dan itu sakitnya luar biasa. Apalagi kalau sudah lecet, terus masih harus dipaksa nari.Nah, di situ lah fungsinya 3M. Seorang ballerina yang telah beberapa kali menggunakan pointe shoes (dan merasakan derita lecet-lecet) biasanya sudah mengenal baik kaki dan pointe shoesnya, dia sudah bisa memperkirakan lokasi kaki yang nanti akan lecet waktu memakai pointe shoes. Nah, di lokasi itulah dia menempelkan 3M.Nari cantik, kaki cantik!  


Tidak ada komentar:

Posting Komentar